Mobil untuk kriteria Low Cost Green Car
Proses pengembangan dan penelitian selama 3 tahun. Sebuah kendaraan yang di desain untuk kriteria Low Cost Green Car
Setelah pengenalan kepada masyarakat dan awak media pagi tadi, Daihatsu sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam proyek pengembangan dan penelitian kedua kendaraan ini, mengajak rekan-rekan media on line untuk secara eksklusif menengok dapur pembuatan konsep Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya.
Bertempat di pusat pelatihan teknik Daihatsu di kawasan Sunter, Daihatsu memperkenalkan orang-orang di balik proyek city car ini serta menjelaskan tahapan-tahapan dalam pembuatan kendaraan tersebut.
Konsep dari Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya berawal dari ide konsep kendaraan E-Concept. E-Concept ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu ketika pemikiran mengenai kendaraan yang low cost green car marak dibicarakan. Daihatsu yang terkenal dengan produk mobil keluarga segera membuat gambar kasar mengenai ide tersebut. E-Concept inilah yang nantinya menjadi nafas dari Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya.
Daihatsu sebagai principal kemudian melemparkan konsep ini 3 tahun lalu untuk diperlombakan secara internasional. Tidak kurang desainer dari beberapa negara seperti Jepang, Prancis, Italy mengikuti kompetisi ini. Namun ternyata konsep dari Mark Joshua Wijaya, Senior Designer Daihatsu Motor Indonesia, yang terpilih oleh masyarakat dan panel juri. Desain yang diajukan Mark mengedepankan aerodinamis dan estetika keindahan diluar namun tidak melupakan kebutuhan ruang yang lapang di dalam kabin. Ini terlihat dari bentuk dashboard dan kursi penumpang yang dibuat melengkung agar menciptakan ruang. Hasilnya, mengejutkan! Mobil kecil ini mampu mempunyai ruang kaki yang cukup lapang di belakang.
Sejak awal, Daihatsu sudah menekankan bahwa hanya orang Indonesia lah
yang bisa membuat mobil untuk kondisi dan selera masyarakat Indonesia. Maka dibuatlah riset bernama "Tahu Indonesia" untuk menjajal kendaraan ini di kondisi real Indonesia. Daihatsu menjajal kendaraan ini di jalanan pulau Jawa sebagai representasi jalanan di Indonesia. "Daihatsu sangat serius dalam proses riset ini, karena itu peneliti mereka datang ke Indonesia dan mengetes langsung di sini." ujar Embay Sunaryo, Head Development Project Divisi Research and Development Daihatsu Indonesia.
Meski mobil ini ditujukan untuk kendaraan yang terjangkau namun tidak melupakan sentuhan teknologi di dalamnya. Platform yang baru membuat pihak RnD Daihatsu menciptakan mesin baru untuk kendaraan ini. Mesin berbahan aluminium ini memiliki desain Integrated Exhaust Manifold with Cylinder Head. Desain ini membuat mesin lebih simpel dan mudah untuk
perawatan. Timing belt yang biasanya terbuat dari karet diganti menjadi rantai. Pada dinding piston di dalam mesin ditambah Teflon agar mengurangi friksi pada badan mesin sehingga performa dan penggunaan bahan bakar lebih ekonomis. Mesin ini akan menghasilkan tenaga 65 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimum 8,7 pada putaran mesin 3600 rpm.
Bagaimana? Cukup menarik bukan prosesnya. Silahkan lihat keunggulan Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya di booth masing-masing pada acara Indonesia Internasional Motor Show 2012 tanggal 20-30 September.
Sumber : http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=3433219462456773595#editor/target=post;postID=1592694666657273091
0 komentar:
Posting Komentar